Selasa, 02 Desember 2008

Nyoblos: Penting ga sih?

Apakah teman-teman tau jika pada bulan terakhir di tahun 2008 ini akan diadakan PEMIRA alias Pemilihan Umum Raya? Jika ya, berarti wawasan teman-teman tentang kondisi kampus cukup bagus. Jika tidak, Tanya kenapa! Lho kenapa harus bertanya kepada kenapa? Ya harus, karena itu artinya sense of belonging teman-teman terhadap kampus sendiri cukup minim. Karena jika seorang mahasiswa cinta kampusnya, apa pun yang terjadi dengan kampusnya pasti akan tahu dan paham.

Lalu, bagaimana dan apa itu PEMIRA? Cukup banyak sebenarnya komentar miring tentang kampanye dan PEMIRA yang ada di kampus kita ini. Mulai dari komentar dosen soal berisiknya kampanye yang seringnya terjadi ketika perkuliahan berlangsung. Juga banyaknya yang menganggap kampanye dan PEMIRA yang berlangsung rutin tiap tahun ini merupakan hal yang tidak penting. Miris juga mendengar anggapan seperti itu. Kenapa juga hal semacam PEMIRA yang sah dan jelas-jelas tertera dalam undang-undang kekampusan dan juga jelas-jelas diakui oleh civitas akademika kampus kita ini dipandang sebelah mata oleh beberapa pihak, termasuk dari mahasiswa sendiri.

Teman-teman, PEMIRA itu ialah bagian dari pembelajaran kita. PEMIRA itu ialah mata kuliah non sks. Meski sepertinya menghabiskan waktu hanya untuk berkampanye, berkeringat menjadi tim sukses dan bahkan hanya sekedar menyoblos, namun semua itu ialah hal-hal yang mesti juga dipelajari. Tidak ada pembelajaran tentang PEMIRA dan Student Government di kampus lain selain di kampus kita dan beberapa kampus yang juga menggunakan sistem SG lainnya. Jadi mengapa harus menganggap tidak penting? Karena PEMIRA ialah bagian dari pembelajaran demokrasi dan kemandirian mahasiswa dalam sebuah pemerintahan mini.

Dari sekian banyak jumlah mahasiswa, memang tidak semua kebagian dalam satu posisi. Maksudnya, tidak semua mahasiswa menjadi bagian dari partai, KPU, P3U atau bahkan capres yang nantinya akan dipilih. Namun dan tentu pastinya ada mahasiswa yang mengambil bagian dalam posisi penyoblos sejati. Mahasiswa dengan posisi ini mengambil bagian porsi paling besar, meski ada juga mahasiswa apatis yang tidak mau tahu dengan kondisi ini. Dan terlepas dari itu, semua posisi ini memegang peranan penting dalam keberlangsungan PEMIRA. Dan semua mempunyai manfaat dan tujuan yang sama yakni terjadinya perubahan kampus ke arah yang lebih baik.
Ya, itulah sebenarnya tujuan PEMIRA, menuju perubahan yang lebih baik. Mungkin sebagian dari kita tidak begitu suka aktif dalam kepartaian mahasiswa, ikut menjadi tim KPU dan P3U atau tidak mau menjadi capres dan cawapres. Tapi kita masih bisa menunjukkan kepedulian kita untuk kampus tercinta dengan cara ikut menyoblos pada saat pemilihan yang berlangsung 2-4 Desember 2008 nanti. Karena satu suara dari kita sangat berpengaruh. Dan pilihan yang kita ajukan pun sama bobotnya dengan perubahan yang kita suarakan.[

Seja o primeiro a comentar

Followers

PEMIRAwatch © 2008 Template by Dicas Blogger.

TOPO